pelaksanaan dan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP)

Asslamualaikum Wr.Wb.


A.pendahuluan
   pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pentingnya SOP bagi pekerjaan

1.latarbelakang
   dalam mewujudkan pekerjaan yang prfesional,efektif dan efisien adalah dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah pedoan atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai fungsi dan SOP juga merupakan alat penilaian kinerja perusahaan berdasarkan indikator teknis,administratif dan prosedural sesuai dengan tata cara kerja,prosedur dan sistem kerja pada unit yang bersangkutan


2.Pengertian
   Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah suatu standar pedoman tertulis yang digunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok/perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi,SOP meruakan tata cara atau tahapan yang di lakukan dan yang harus di lalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu 

3.Maksud & tujuan
   Agar menjadikan perusahaan mempunyai aturan standar yang mewujudkan kinerja yang telah di tentukan secara profesional dan keefektifan pekerja sesuai aturan Standar Operasional Prosedur (SOP)

4.proses pelaksanaan SOP
   Adapun proses pelaksanaan SOP ada tujuh tahapan yang dugunakan untuk membuat suatu prosedur yang baik dan memaksimalkan semua potensi yang ada,antara lain sebagai berikut:
  •  menentukan tujuan yang ingin di capai
  • membuat rancangan awal
  • melakukan evaluasi internal
  • melakukan evaluasi external
  • melakukan ujicoba
  • menempatkan prosedur pada unit terkait
  • menjalankan prosedur yang sudah dibuat
dan adapun penerapan SOP dalam manajemen perusahaan adalah sebagai berikut:
  • setiap pelaksanaan mengetahui SOP yang baru disusun alasan perubahannya
  • salinan SOP desebar luaskan  sesuai kebutuhan dan siap di akses oleh semua karyawan/pegawai perusahaan
  • setiap pelaksanaan mengetahui peranannya dalam SOP dan dapat menggunakan semua pengetahua dan kemampuan yang dimiliki untuk menerapkan secara aman,efektif &efisien
  • ada mekanisme untuk memonitor kinerja,mengidentifikasi masalah yang mungkin timbul dari adanya SOP,dan menyediakan dukungan dalam proses penerapan SOP
B.kesimpulan
Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah panduan hasil kerja yang di inginkan sertaproses kerja yang dilakukan.SOP dibuat dan di dokumentasikan  secara tertulis yang memuat prosedur (alur proses) kerja rinci dan sistematis.prosedur (alur kerja) tersebut haruslah mudah di pahami dan diimplementasikan dengan baik dan konsisten oleh karyawan/pegawai.

C.referensi 
  Portal BLC Telkom Klaten Pengertian_Standar_Operasional_Prosedur


0 Response to "pelaksanaan dan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP)"

Post a Comment